Popular Posts

Monday, December 30, 2013

Sekelumit Tentang Kota Jayapura

 

Kota Jayapura Dilihat Dari Salah Satu Ketinggian
Kota Jayapura adalah salah satu kota yang terletak paling timur dari negara kita Indonesia dan berbatasan langsung dengan Negara tetangga yaitu Papua New Guinea. Kota ini juga merupakan ibu kota dari  Provinsi Papua. Jika di pandang dari segi geografisnya, Kota ini sangatlah unik karena medannya terdiri dari pegunungan dan pantai yang menjorok kedaratan yang disebut dengan teluk Jayapura.

Sejarah dari Kota jayapura ini didirikan oleh Kapten Infanteri F.J.P Sachses dari kerajaan Belanda pada 7 Maret 1910. Dari tahun 1910 ke 1962 kota ini dikenal sebagai Kota Hollandia dan merupakan ibu kota distrik dengan nama yang sama di timur laut Papua Barat. Kota ini sempat disebut Kota Baru dan Sukarnopura sebelum menggunakan nama yang sekarang pada tahun 1968. Arti literal dari Jayapura, sebagaimana kota Jaipur di Rajasthan, adalah 'Kota Kemenangan' (bahasa Sanskerta: jaya yang berarti "kemenangan"; pura: "kota").

Jika dilihat dari sejarah berdirinya, Kota Jayapura telah sejak lama bersentuhan dengan dunia luar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya orang-orang yang pernah singgah di Tanah Papua seperti seseorang berbangsa Spanyol bernama Ynico Ortis De Fretes. Dengan kapalnya yang bernama "San Juan", Ynico berlayar pada tanggal 16 Mei 1545 dari Tidore ke Meksiko. Dalam perjalanan tersebut, rombongan Ynico tiba di sekitar muara sungai Mamberamo pada tanggal 16 Juni 1545 memberikan nama "Nova Guinea" kepada tanah Papua.

Sesudah Ortis de Fretes, muncul lagi pengarung-pengarung lain antara lain Alvaro Memdana Ne Neyra (1567) dan Antonio Ma (1591 - 1593)
Kota Jayapura Malam Hari


Bagian utara dari Belanda Nugini diduduki oleh pasukan Jepang pada tahun 1942. Pasukan sekutu mengusir Jepang setelah pendaratan amfibi dekat Hollandia sejak 21 April 1944. Daerah ini menjadi markas Jenderal Douglas MacArthur sampai penaklukan Filipina pada bulan Maret 1945. Lebih dari dua puluh pangkalan AS didirikan dan setengah juta personel AS bergerak melalui daerah ini.
(Sumber : Wikipedia)



Kota Jayapura dapat diakses dengan 2 jalur yaitu udara dan laut. Melalui Udara anda dapat singgah di Bandar udara Sentani yang terletak di kota Sentani dan merupakan bagian dari Kabupaten Jayapura. Jika anda melalui jalur laut maka anda singgah di Pelabuhan Kota Jayapura yang terletak tepat di jantung Kota tersebut. (AY)

0 on: "Sekelumit Tentang Kota Jayapura"