Popular Posts

Sunday, February 2, 2014

Antivirus Terbaik Untuk Smartphone Android

 




Jayapura (1/2) – Android merupakaan OS (Operating System) smartphone yang banyak digunakan oleh vendor-vendor berbagai jenis smartphone saat ini. Mulai dari Samsung sampai dengan merk Advance menggaet si “Robot Ijo” ini untuk menghuni smartphone produksinya.


Sistem kerja dari Android ini sama dengan sistem kerja dari OS Linux hanya memang Android khusus diciptakan untuk Smartphone. Tak beda dengan OS Linux pada komputer dan Android, semua sistem OS ini tak luput dari incaran virus ataupun malware yang ingin mengkontaminasi OS tersebut, entah itu merusak ataupun mengirimkan informasi tentang data pribadi kita kepada “si Pembuat” program virus/malware tersebut.

Seperti yang kita ketahui saat ini Smartphone dengan OS Android mempunyai rangking teratas untuk jumlah pengguna handphone jenis ini. Dengan banyaknya pengguna, tak heran jika OS Android menjadi sasaran empuk berbagai virus, worm, ransomware dll. Dari berbagai laporan dan data, meski Android berbasis Linux namun banyak perangkat yang terinfeksi malware, dan jumlahnya terus meningkat. NQ Mobile melaporkan tahun 2011 ada sebanyak 13 juta perangkat terinfeksi, sedangkan tahun berikutnya meningkat menjadi 32,8 juta perangkat. Di tahun 2013 seiring dengan pertumbuhan ekosistem android yang makin pesat jumlah virus dan malware ikut bertambah, tercatat ada sekitar 47,3 juta perangkat terinfeksi.

Anda tentu tidak inginkan informasi tentang data pribadi anda seperti username ataupun password anda yang tersimpan di smartphone anda dapat diketahui oleh orang lain yang memanfaatkan virus/malware/backdoor untuk mengirimkan data pribadi anda?. Nah untuk itu wajib hukumnya aplikasi antivirus untuk OS Android ini terinstal di Smartphone Android anda. Berikut Penulis menyarankan ada 5 aplikasi antivirus yang wajib anda instal, tapi pilih salah satu saja ya yang menurut anda cocok untuk smartphone anda.


1.     Avast Mobile Securit



Tak hanya populer di PC/Komputer Windows, ternyata Avast juga menunjukkan ketangguhannya dalam membasmi virus di Android. Antivirus untuk android ini mendapatkan rating tinggi dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Avast antivirus Android menawarkan berbagai fitur unggulan diantaranya adalah anti maling (antitheft), SMS history Wie, Tracking GPS, alarm, pengunci ponsel secara otomatis dsb. Kemampuan scan virusnya juga handal dengan fitur url protection dan firewall.

2.    LookOut Mobile Security and Antivirus.





LookOut menjadi salah satu antivirus terbaik untuk android dengan mendapatkan tangapan yang positif dari penggunanya. Antivirus ini memiliki banyak fitur keamanan seperti proteksi spyware, scan virus, memonitor aplikasi, back up data, hingga melacak ponsel melalui Google Map.

3.     AVG Mobile Antivirus




AVG tentu menjadi antivirus yang sangat familiar di telinga Anda. ya, aplikasi ini memang sangat populer di kalangan pengguna PC/laptop. Dengan membawa sbagian besar fitur unggulan dalam membasmi virus komputer ke android, Antivirus AVG juga mendapatkan rating yang sangat baik. Antivirus ini sangat handal untuk membasmi malware di android.



4.     Kaspersky Mobile Security





Antivirus dari Rusia ini memang terkenal handal, tak hanya pada ranah komputer PC, namun Kaspersky sudah mulai melindungi perangkat ponsel sejak tahun 2006. Pada OS Android, kasperSky juga mampu membasmi virus dengan cepat. Fitur keamanan yang ditawarkan adalah scan virus, filter telepon dan SMS, anti maling, dan Online protection.

 



5.     Dr.Web Antivirus Lite



Aplikasi antivirus terbaik untuk android yang terakhir adalah Dr. Web. Antivirus yang juga berasal dari Rusia ini memiliki kelebihan pada konsumsi daya, sebab penggunaaanya tidak membebani performa hardware seperti Antivirus lain pada umumnya. dengan begitu baterai android akan lebih awet. Menariknya lagi, Dr.Web menjadi salah satu Antivirus android yang rutin memberikan update  berkala dalam interval waktu yang cukup sering.



Selamat Mencoba dan lindungilah Si Robot Ijo anda, Jangan lupa tinggalkan komentar ya……………….. (AY)
 



2 on: "Antivirus Terbaik Untuk Smartphone Android"